SELAMAT DATANG

Selamat Datang di http://widodoalgani.blogspot.com
Semoga Bermanfaat.
Mohon tinggalkan komentar.

Rabu, 30 November 2011

Download Tabel F, T, Chi Square dan Z

Download Tabel F, T, Chi Square dan Z

Dalam pengujian hipotesis secara manual, hal terpenting adalah membuat perbandingan antara statistik hitung dengan statistik uji. Untuk membuat perbandingan tersebut, maka yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah adanya statistik uji. Jika statistik hitung di dapatkan dari hasil perhitungan, maka statistik uji didapatkan dari tabel. Jika kita menggunakan statistik uji F, maka kita harus menggunakan tabel F. jika statistik uji T yang kita gunakan, maka tabel T yang harus kita pakai sebagai perbandingan. dan seterusnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan alamat dimana tabel-tabel tersebut bisa anda download langsung dari internet. Insya Allah tabel-tabel tersebut akan membantu anda, para peneliti ataupun guru-guru dan pembaca blog ini.

sebagai catatan, link-link tersebut saya selipkan iklan dari adf.ly. untuk menuju ke halaman downloadnya teman-teman bisa  mengklik SKIP AD yang ada di pojok kanan atas blog. namun jika tertarik untuk mendapatkan $$ dari adf.ly silahkan langsung bergabung dengan adf.ly.

Untuk tabel F dengan signifikansi 0,05, silahkan klik disini

Untuk tabel F dengan signifikansi 0,01, silahkan klik disini

Untuk tabel F dengan signifikansi 0,001, silahkan klik disini

Untuk tabel T baik untuk P= 0,05 - 0,01 dan 0,001 silahkan klik disini atau disini

Untuk tabel Z negatif silahkan klik disini dan Z positif silahkan klik disini

Untuk tabel Duncan silahkan klik disini

Untuk tabel Durbin Watson, silahkan klik disini

Terakhir untuk tabel chi square dengan P= 0,05 - 0,01 dan 0,001 silahkan klik disini 






Mudah-mudahan tabel-tabel tersebut bisa membantu anda dalam menganalisis hasil pengujian hipotesis....

upst... jangan lupa komentarnya yach!!! :)

Minggu, 27 November 2011

Tentang Penulisan Skripsi

Tentang Penulisan Skripsi

Tentang Penulisan SkripsiSkripsi adalah karya tulis yang diajukan untuk mencapai gelar sarjana. Skripsi ditulis berdasarkan studi pustaka atau penelitian bacaan, penyelidikan, observasi, atau penelitian lapangan sebagai prasyarat akademis yang harus ditempuh, dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh penyusun dalam sidang ujian.
Penulisan skripsi berbeda dengan penulisan laporan. Jika laporan tidak mengemukakan penafsiran, maka skripsi bertolak dari keinginan untuk mengemukakan penafsiran dan analisa kenyataan-kenyataan.
Skripsi tidak membiarkan kenyataan-kenyataan itu sebagaimana adanya. la bergerak lebih jauh.  Dengan demikian,  skripsi harus mengemukakan kenyataan-kenyataan itu dengan dasar logika. Artinya ia harus memandangnya dari konstruksi sebab-akibat. Tidak sekedar mengetahui kenyataan tetapi memahami kenyataan tersebut dalam hubungan sebab-akibat. Agar supaya penafsiran dan analisa dalam skripsi itu tepat, diperlukan laporan tentang peristiwa dan kenyataan yang sah yang tidak mungkin diragukan lagi. Tetapi skripsi tidak memuaskan diri dengan kenyataan dan peristiwa belaka, bagaimanapun sahnya kenyataan dan peristiwa itu.
Sebuah skripsi harus dapat mengemukakan persoalan. Tetapi berbeda dengan sebuah tesis, sebuah skripsi tidak bermaksud untuk memecahkan persoalan yang dikemukakannya. Pemecahan masalah itu tidak diperlukan di dalam skripsi, karena skripsi tidak akan sampai. kepada perumusan kesimpulan. Cukuplah jika ia dapat mengemukakan kenyataan peristiwa yang diolah dari laporan yang sah dengan sistimatis dan dengan maksud untuk mengemukakan masalah-masalah yang akan dianalisa dengan dasar-dasar logika. Mengemukakan dan mengidentifikasi suatu masalah bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah.
Kesalahan dalam merumuskan masalah, berarti turunnya nilai skripsi, dan tentu saja nilai analisa skripsi itu. Untuk mengemukakan kenyataan peristiwa, masalah-masalah, dan analisa diperlukan suatu sistimatika formal dan disiplin teoritis.
Berkaitan dengan rancangan penelitian untuk skripsi,  pada umumnya rancangan disusun  dengan memuat :
  • Latar Belakang: mengapa dan apa yang mendorong peneliti memilih topik penelitian ini. Dalam memaparkan latar belakang seyogyanya didukung oleh data, fakta (fenomena empirik), terkait dengan fokus masalah yang hendak diteliti.
  • Masalah: Rumuskan masalah secara jelas, singkat, termasuk konsep-konsep yang digunakan, masalah dibatasi, bagian mana yang digarap, mengapa bagian itu yang diambil, dan gambarkan pentingnya masalah: sumbangannya terhadap perkembangan ilmu, kegunaan praktis, dan hubungan dengan penelitian lain.
  • Kerangka Teori: gambarkan konsep-konsep yang digunakan, pendekatan yang digunakan, gambarkan teori-teori yang pernah ada yang berkaitan dengan masalah yang digarap, kemukakan asumsi-asumsi dasar sebagai landasan berpikir, dan kemukakan hipotesis bila ada. Untuk penelitian sastra yang deskriptif, hipotesis tidak diperlukan. Berkaitan dengan landasan teori,  Tjutju Yuniarsih (2007) mengemukakan bahwa teori yang digunakan hendaknya bersumber dari teori yang sudah kokoh. Teori digunakan untuk memprediksi keterkaitan antar variabel yang dituangkan dalam kerangka (model) penelitian.  Menggunakan  teori sesuai kebutuhan (bukan bunga rampai kutipan) dan pentingnya menghindari pengutipan teori-teori yang   berlawanan, kecuali ada maksud lain
  • Populasi dan Sampel: gambarkan tentang jenis dan besarnya populasi dan tentukan sampel penelitian.
Hal-hal yang lain yang harus  diperhatikan dalam menyusun skripsi, diantaranya:
  • Struktur kalimat dan kaidah bahasa, seperti:  penggunaan ejaan yang disempurnakan, penulisan tanda baca, kata sambung,  capital letter, bold, italic, underline, subscript, superscript, kalimat standar (subyek-predikat-obyek)  dsb.
  • Keterkaitan dan konsistensi uraian dalam keseluruhan penelitian: adanya kejelasan benang merah mulai dari latar belakang (dengan fenomenanya), fokus masalah, judul penelitian, kerangka pemikiran (termasuk grand teori yang melahirkan indikator atau dimensi), teori pendukung, desain penelitian ( metode, pendekatan, teknik analisis dan pembahasan), instrumen penelitian, analisis hasil penelitian kesimpulan, sampai ke rekomendasi.
  • Aspek teknis dan sistematika penulisan: kodifikasi dan pengetikan struktur, teknik penulisan kutipan
  • Penulisan referensi:  nama penulis ditulis dengan menggunakan sistem indeks, baris pertama dimulai di margin kiri dan baris selanjutnya menakuk 6 karakter, menggunakan jarak baris satu, kecuali jarak antara dua sumber menggunakan jarak 2, disusun berdasarkan abjad nama penulis, penulisan referensi hanya yang digunakan sebagai sumber rujukan di dalam skripsi
Sumber:
Apridar, dkk. 2008.  Petunjuk Penulisan  Karya Ilmiah. Loksheumawe: Unimal Press.
Tjutju Yuniarsih, 2007, Kaidah Umum Penulisan Skripsi (Bahan Presentasi Pembimbingan Mahasiswa UNIKU). Kuningan: UNIKU
=============
Untuk lebih jelasnya tentang penulisan  karya ilmiah ini ,  silahkan klik tautan di bawah ini:

Rabu, 23 November 2011

Tips memilih jasa pembuatan website (terutama membeli secara online sekaligus domain & hostingnya)


Tips memilih jasa pembuatan website
(terutama membeli secara online sekaligus domain & hostingnya)

Jika usaha pembuat web tidak berlangsung lama, dipastikan web yang disediakan juga belum tentu aktif untuk jangka panjang

Pertama. Lihat alamat website jasa tsb
Kalau menggunakan alamat web gratisan seperti akhiran multiply.com, wordpress.com, blogspot.com, ....co.cc, dll.
Diasumsikan kalau jasa itu sendiri menggunakan domain/hosting gratisan berarti usahanya tidak serius dan dipastikan usahanya cuma untuk jangka pendek.
contoh ==> www.jasawebmurah795.blogspot.com
atau www.jasaweb887.co.cc

Kedua. Lihat masa aktif alamat websitenya (domain) kalau berakhiran .com, .net, dll
Caranya sbb: kunjungi www.who.is atau klik disini
masukkan alamat web jasa tsb di halaman who.is
(misalnya www.jasa-website-00.com)
disitu akan terlihat nama pemilik website dan masa aktif webnya

Biasanya jasa web yang baru merintis atau coba-coba, masa aktifnya sekitar 1 atau 2 tahun saja. Selepas itu jadi pertanyaan. Kalau web tsb tutup, web anda masa depannya tidak jelas juga
Ada juga yang menyembunyikan identitasnya, biasanya cuma mencantumkan "Whois Privacy Protection Service, Inc."
Meski tidak mutlak negatif, tapi dengan menyembunyikan identitas berarti jasa tsb tidak mau benar2 dikenali (Anonymous)

Ketiga: Lihat popularitasnya di pencarian Google
sebuah website yang populer akan dimunculkan sitemap-nya di Google

Keempat. Lihat testimonial (kesaksian membernya)
Lihat apakah web tsb menampilkan komentar kepuasan kliennya? Karena membeli website harus disertakan layanan purnal jualnya.
Tapi sekarang testimonial banyak yang fiktif, karena mudah direkayasa oleh adminnya
Oleh karena itu anda harus lihat bagaimana testimonial tsb, apakah ada data membernya? Kalau cuma menampilkan nama dan komentar saja perlu dipertanyakan.

Rabu, 16 November 2011

Ciri-ciri Orang Yang Mencintaimu

Ciri-ciri Orang Yang Mencintaimu

1. Orang yang mencintai kamu tidak pernah mampu memberikan alasan kenapa dia mencintai kamu. Yang dia tahu di hati dan matanya hanya ada kamu satu-satunya, dan dia akan selalu bahagia jika melihat kamu bahagia.

2. Walaupun kamu sudah memiliki teman istimewa atau kekasih, dia tidak perduli! Baginya yang penting kamu bahagia dan kamu tetap menjadi impiannya.

3. Orang yang mencintai kamu selalu menerima kamu apa adanya, di hati dan matanya kamu selalu yang tercantik walaupun kamu merasa berat badan kamu sudah bertambah.

4. Orang yang mencintai kamu selalu ingin tau tentang apa saja yang kamu lalui sepanjang hari ini, dia ingin tau kegiatan kamu.

5. Orang yang mencintai kamu akan mengirimkan SMS/YM/BBM seperti ’selamat pagi’, ’have fun’, ’selamat tidur’, ‘take care’, dan lain-lain, walaupun kamu tidak membalas SMS-nya, karena dengan kiriman SMS itu lah dia menyatakan cintanya, menyatakan dengan cara yang berbeda, bukan “aku CINTA padamu”.

6. Jika kamu merayakan tahun baru dan kamu tidak mengundangnya ke pesta yang kamu adakan, setidak-tidaknya dia akan menelefon untuk mengucapkan selamat atau mengirim SMS/YM/BBM.

7. Orang yang mencintai kamu akan selalu mengingat setiap kejadian yang dia lalui bersama kamu, bahkan mungkin kejadian yang kamu sendiri sudah melupakannya, karena saat-saat itu adalah saat yang berharga untuknya. dan saat itu matanya pasti berkaca, karena saat bersamamu tidak selalu terulang.

8. Orang yang mencintai kamu selalu mengingat setiap kata-kata yang kamu ucapkan, bahkan mungkin kata-kata yang kamu sendiri lupa pernah mengungkapkannya. karena dia menyematkan kata-kata mu di hatinya, berapa banyak kata-kata penuh harapan yang kau tuturkan padanya, dan akhirnya kau musnahkan? pasti kau lupa, tetapi bukan orang yang mencintai kamu.

9. Orang yang mencintai kamu akan belajar menggemari lagu-lagu kegemaran kamu, karena dia ingin tahu apa kegemaran kamu. Kesukaan kamu kesukaannya juga, walaupun susah menggemari kesukaan kamu, tapi akhirnya dia bisa.

10. Kalau kamu sedang sakit, dia akan sentiasa mengirim SMS, menelefon, YM/BBM dll untuk bertanya keadaan kamu - karena dia khawatir tentang kamu, peduli tentang kamu.

11. Jika kamu mengatakan akan menghadapi ujian, dia akan menanyakan kapan ujian itu berlangsung, dan saat harinya tiba dia akan mengirimkan SMS/YM/BBM ‘good luck’ untuk memberi semangat kepada kamu.

12. Orang yang mencintai kamu akan memberikan suatu barang miliknya yang mungkin buat kamu itu sesuatu yang biasa, tetapi baginya barang itu sangat istimewa.

13. Orang yang mencintai kamu akan terdiam sesaat, ketika sedang bercakap di telefon dengan kamu, sehingga kamu menjadi bingung. Sebenarnya saat itu dia merasa sangat gugup karena kamu telah menggetarkan dunianya.

14. Orang yang mencintai kamu selalu ingin berada di dekat kamu dan ingin menghabiskan hari-harinya hanya dengan kamu.

15. Orang yang mencintai kamu bertindak lebih seperti saudara daripada seperti seorang kekasih.

16. Orang yang mencintai kamu sering melakukan hal-hal yang bikin BETE, seperti menelefon/SMS/YM/BBM kamu 100 kali sehari. Atau mengejutkan kamu di tengah malam dengan mengirim SMS. Sebenarnya ketika itu dia sedang memikirkan kamu.

17. Orang yang mencintai kamu kadang-kadang merindukan kamu dan melakukan hal-hal yang membuat kamu pening. Namun ketika kamu mengatakan tindakannya itu membuat kamu terganggu dia akan minta maaf dan tak akan melakukannya lagi.

18. Jika kamu memintanya untuk mengajarimu sesuatu maka ia akan mengajarimu dgn sabar. Bahkan dia begitu gembira karena dapat membantu kamu. dia tidak pernah mengelak dari memenuhi permintaan kamu walau sesulit apapun permintaan itu.

19. Kalau kamu melihat handphone-nya maka nama kamu akan menghiasi sebagian besar INBOX-nya. Dia masih menyimpan SMS-SMS dari kamu walaupun ia kamu kirim berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang lalu.

20. Dan jika kamu coba menjauhkan diri darinya atau memberi reaksi menolaknya, dia akan menyadarinya dan menghilang dari kehidupan kamu, walaupun hal itu membunuh hatinya.

21. Jika suatu saat kamu merindukannya dan ingin memberinya kesempatan dia akan ada menunggu kamu karena sebenarnya dia tak pernah mencari orang lain. Dia sentiasa menunggu kamu.

22. Orang yang begitu mencintaimu, tidak pernah memaksa kamu memberinya sebab dan alasan, walaupun hatinya meronta ingin mengetahui, karena dia tidak mau kamu terbebani karenanya. saat kau pinta dia pergi, dia pergi tanpa menyalahkan kamu, karena dia benar-benar mengerti apa itu cinta.

Selasa, 15 November 2011

FRANCHISE


WARALABA
(FRANCHISE)

Kurang lebih lima tahun belakangan –bahkan lebih – dunia bisnis Indonesia punya kegandrungan baru yakni semangat yang berlebihan terhadap bisnis berpola franchise baik perusahaan lokal maupun asing. Dari hasil survey bahwa perusahaan franchise lokal maupun asing yang cukup fenomal adalah pertumbuhan outlet dibandingkan dengan masa operasi dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengukur kinerja tersebut yang tidak membedakan status legalnya. Dan hanya di bagian lain laporan ini juga membedakan antara franchise lokal dan asing. Kategorisasi ini digunakan untuk membantu mengarahkan calon pengusaha untuk melihat status hukum sebuah perusahaan tersebut. Berbagai driver yang memacu pertumbuhan sebuah perusahaan sehingga pola pengembangan franchisenya cukup maju di Indonesia sehingga layak dipertimbangkan untuk investasi.

A.     Definisi Waralaba
  1. Waralaba adalah suatu sistem distribusi dimana pemilik bisnis yang semi mandiri membayar iuran dan loyalty kepada perusahaan induk untuk mendapatkan hak untuk menjual produk atau jasa dan seringkali menggunakan format dan sistem bisnisnya.
  2. Waralaba dapat didefinisikan sebagai persetujuan dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor, atau pengecer independen dengan imbalan pembayaran loyalty dan menyesuaikan diri dengan prosedur operasi standar. (Masykur Wiratmo, 2001: 71).
  3. Waralaba adalah suatu persetujuan lisensi menurut hukum  antara suatu perusahaan (pabrik) penyelenggara dengan penyalur atau perusahaan lain untuk melaksanakan usaha (Suryana, 2003: 82)
Pemberi franchise (franchisor) adalah perusahaan yang memberi lisensi.
Franchisee: perusahaan pemberi lisensi (penyalur atau dealer)
B.     Jenis-jenis Waralaba
  1. Waralaba nama dagang (trade name franchising)
Sebuah sistem waralaba dimana pembeli waralaba membeli hak untuk menggunakan nama dagang penjual waralaba tanpa mendistribusikan produk tertentu dengan nama penjual waralaba meliputi suatu merek seperti true value hardware atau western auto.
  1. Waralaba distribusi produk (product distribution franchising)
Sistem waralaba dimana penjual waralaba memberikan hak kepada pembeli waralaba untuk menjual produknya dengan nama dagang penjual waralaba melalui jaringan distribusi yang selektif dan terbatas. Contoh: mobil (cherrolet, oldsmobile, chysler), minuman (coca cola, pepsi), dsb.
  1. Waralaba murni (pure franchising)
Sistem waralaba dimana penjual waralaba menjual kepada pembeli waralaba suatu format dan sistem bisnis yang lengkap. Contoh: restoran, hotel, agen persewaan mobil, lembaga pendidikan dll.

C.     Keuntungan dan Kelemahan Membeli Waralaba
  1. Keuntungan membeli waralaba
a.       Dukungan dan pelatihan manajemen
b.      Daya tarik merk
c.       Program iklan nasional
d.      Bantuan keuangan
e.       Produk dan format bisnis yang sudah terbukti
f.        Kekuatan membeli terpusat
g.       Perlindungan terotorial
h.       Peluang berhasil lebih besar
  1. Kelemahan membeli waralaba
    1. Iuran waralaba dan pembagian keuntungan
    2. Sepenuhnya mengikuti operasi standar
    3. Batasan dalam pembelian
    4. Lini produk terbatas
    5. Program pelatihan yang tidak memuaskan
    6. Kejenuhan pasar
    7. Kurang kebebasan
Merintis usaha baru, membeli maupun franchising masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan seperti pada tabel berikut:
Bentuk
Kelebihan
Kelemahan
Merintis usaha
(starting)
·     Gagasan murni
·     Bebas beroperasi
·     Fleksibel dan mudah pengaturan
·     Pengakuan mana kurang
·     Fasilitas inefisien
·     Penuh ketidakpastian
·     Persaingan kurang diketahui
Membeli perusahaan
(buying)
·     Kemungkinan sukses
·     Lokasi sudah cocok
·     Karyawan dan pemasok biasanya sudah mantap
·     Sudah siap operasi
·     Perusahaan yang dijual biasanya lemah
·     Peralatan tidak efisien
·     mahal
·     sulit inovasi
Kerjasama manajemen
(franchising)
·     Mendapat pengalaman dalam logo, nama, metode teknik produksi, pelatihan, teknik, bantuan modal
·     Tidak mandiri
·     Kreativitas tidak berkembang
·     Menjadi inter dependen, terdominasi, rentan terhadap perubahan franchisor




D.    Risiko Investasi Dalam Usaha Waralaba
Langkah-langkah yang bisa diambil untuk menurunkan atau meminimisasi risiko investasi dalam waralaba:
  1. Melakukan evaluasi diri
Bahwa memasuki usaha waralaba (franchise) adalah tepat bagi dirinya.
  1. Meneliti franchise
Dalam mengevaluasi usaha franchise harus memutuskan mana yang paling tepat. Adapun faktor yang harus dinilai sebelum membuat keputusan akhir adalah:
a.       Usaha franchise yang mapan dan belum mapan
b.      Stabilitas finansial dari usaha franchise
c.       Pasar potensial bagi usaha franchise
d.      Keuntungan potensial bagi franchise baru
Kecenderungan yang membentuk waralaba:
  1. Peluang internasional
  2. Lokasi yang kecil dan non tradisional
Yang didasarkan pada prinsip pemasaran jemput bola (intercept marketing) adalah prinsip yang membuka waralaba langsung di jalur pelanggan potensial dimanapun mereka berada.
  1. Waralaba konversi
Suatu kecenderungan waralaba dimana pemilik bisnis mandiri menjadi pembeli waralaba untuk mendapatkan keuntungan dari nama yang sudah terkenal.
  1. Waralaba unit ganda
Suatu metode waralaba dimana pembeli waralaba membuka lebih dari satu unit dalam suatu daerah yang luas dalam jangka waktu tertentu.
  1. Waralaba utama
Suatu metode waralaba yang memberi hak kepada pembeli waralaba untuk mengembangkan waralaba madya dalam daerah geografi yang luas atau kadang-kadang dalam keseluruhan negara.


  1. Waralaba saling dukung/waralaba kombinasi

Suatu metode waralaba dimana dua atau lebih penjual waralaba bekerjasama untuk menjual atau jasa yang saling melengkapi di bawah satu atap.


DAFTAR PUSTAKA
Bank Mandiri, Peluang Usaha dan Solusinya: Pengusaha. Majalah. No. 43/27 Oktober 26 November 2004. Hal. 16-17
Anwar, Rudianto, 1997. Cepat dan Tepat Taruhannya. Warta Ekonomi No. 14/TH.IX/25 Agustus 1997. hal 80.
Suryana, 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.



Jumat, 11 November 2011

CALON SERTIFIKASI 2012

Informasi Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMP dan PMP) telah merilis daftar guru yang dianggap telah memenuhi persyaratan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru tahun 2012.  sesuai database NUPTK per tanggal 30 September 2011.
Untuk mengetahui persyaratan dan prosedur perbaikan data NUPTK, silahkan klik tautan di bawah ini.
Untuk  melihat daftar nama peserta yang layak sertifikasi guru 2011 berdasarkan Provinsi dan Kabupaten silahkan klik tautan di bawah ini.
Informasi Calon Peserta Setifikasi Guru 2012
Caranya Anda tinggal memilih Provinsi dan Kabupaten yang sesuai dengan pilihan Anda dalam kolom yang telah disediakan ( lihat tanda lingkaran merah), lalu klik  Tampilkan.  Selanjutnya akan muncul nama para calon dan  Anda bisa  menelusuri sendiri nama-nama  peserta yang ingin Anda  ketahui.
 ==========================

TOLERANSI DALAM KEBUDAYAAN

TOLERANSI DALAM KEBUDAYAAN

Manusia diciptakan Allah Subhanahu wata’ala bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal di antara sesama. Perbedaan di antara manusia adalah sunnatullah yang harus selalu dipupuk untuk kemaslahatan bersama. Perbedaan tidak melahirkan dan menebarkan kebencian dan permusuhan. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal.” (QS. Al Hujurat; 13).
Saling Menghormati Sesama
Sebagai makhluk sosial manusia mutlak membutuhkan sesamanya dan lingkungan sekitar untuk melestarikan eksistensinya di dunia. Tidak ada satu pun manusia yang mampu bertahan hidup dengan tanpa memperoleh bantuan dari lingkungan dan sesamanya.
Dalam konteks ini, manusia harus selalu menjaga hubungan antar sesama dengan sebaik-baiknya, tak terkecuali terhadap orang lain yang tidak seagama, atau yang lazim disebut dengan istilah toleransi beragama.
Toleransi beragama berarti saling menghormati dan berlapang dada terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri urusan agama masing-masing. Ummat Islam diperbolehkan bekerja sama dengan pemeluk agama lain dalam aspek ekonomi, sosial dan urusan duniawi lainnya. Dalam sejarah pun, Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam telah memberi teladan mengenai bagaimana hidup bersama dalam keberagaman. Dari Sahabat Abdullah ibn Amr, sesungguhnya dia menyembelih seekor kambing. Dia berkata, “Apakah kalian sudah memberikan hadiah (daging sembelihan) kepada tetanggaku yang beragama Yahudi? Karena aku mendengar Rasulullah berkata, “Malaikat Jibril senantiasa berwasiat kepadaku tentang tetangga, sampai aku menyangka beliau akan mewariskannya kepadaku.” (HR. Abu Dawud). Sesungguhnya ketika (serombongan orang membawa) jenazah melintas di depan Rasulullah, maka beliau berdiri. Para Sahabat bertanya, “Sesungguhnya ia adalah jenazah orang Yahudi wahai Nabi?” Beliau menjawab, “Bukankah dia juga jiwa (manusia)?” (HR. Imam Bukhari). Sesungguhnya Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam berhutang makanan dari orang Yahudi dan beliau menggadaikan pakian besi kepadanya.” (HR. Imam Bukhari).
Tidak Ada Paksaan dalam Beragama
Dalam soal beragama, Islam tidak mengenal konsep pemaksaan beragama. Setiap diri individu diberi kelonggaran sepenuhnya untuk memeluk agama tertentu dengan kesadarannya sendiri, tanpa intimidasi.
Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.” (QS. Yunus; 99-100). Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS. Al Kahfi; 29)
Persoalan keyakinan atau beragama adalah terpulang kepada hak pilih orang per orang, masing-masing individu, sebab Allah Subhanahu wata’ala sendiri telah memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilih jalan hidupnya. Manusia oleh Allah Subhanahu wata’ala diberi peluang untuk menimbang secara bijak dan kritis antara memilih Islam atau kufur dengan segala resikonya. Meski demikian, Islam tidak kurang-kurangnya memberi peringatan dan menyampaikan ajakan agar manusia itu mau beriman
Dalam sebuah Hadits, riwayat Ibnu Abbas, seorang lelaki dari sahabat Anshar datang kepada Nabi, meminta izin untuk memaksa dua anaknya yang beragama Nasrani agar beralih menjadi muslim. Apa jawab Nabi? Beliau menolak permintaan itu, sambil membacakan ayat yang melarang pemaksaan seseorang dalam beragama, yaitu Surah Al-Baqarah: 256:”Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah; 256)
Dalam Aqidah Tidak Ada Toleransi
Jika dalam aspek sosial kemasyarakatan semangat toleransi menjadi sebuah anjuran, ummat Islam boleh saling tolong menolong, bekerja sama dan saling menghormati dengan orang-orang non Islam, tetapi dalam soal aqidah sama sekali tidak dibenarkan adanya toleransi antara ummat Islam dengan orang-orang non Islam.
Rasulullah Shollallahu alaihi wasallam tatkala diajak ber-toleransi dalam masalah aqidah, bahwa pihak kaum Muslimin mengikuti ibadah orang-orang kafir dan sebaliknya, orang-orang kafir juga mengikuti ibadah kaum Muslimin, secara tegas Rasulullah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wata’ala untuk menolak tawaran yang ingin menghancurkan prinsip dasar Aqidah Islamiyah itu. Allah Ta’ala berfirman: Katakanlah: “Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS. Al Kafirun; 1-6).
Dalam setiap melaksanakan sholat, sebenarnya ummat Islam telah diajarkan untuk selalu berpegang teguh terhadap aqidah Islamiyah dan jangan sampai keyakinan ummat Islam itu sedikit pun dirasuki oleh virus syirik, yaitu dengan membaca: “Sesungguhnya Aku menghadapkan diriku kepada Rabb yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan Aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya milik Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada yang menyekutui-Nya. Oleh karena itu aku diperintah dan aku termasuk orang-orang Islam.”
Kebenaran Islam sebagai satu-satunya agama yang sah harus selalu diyakini oleh kaum Muslimin dengan kadar keimanan yang teguh. Sama sekali tidak dibenarkan bahwa masing-masing agama memiliki kebenaran yang relatif, sebagaimana yang sekarang sedang digembar-gemborkan oleh kelompok Jaringan Islam Liberal (JIL) dan telah banyak merasuki jiwa generasi muda Islam. Bukankah Allah Subhanahu wata’ala telah menandaskan: “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran; 85).
Siapa yang menginginkan kebahagiaan dan kemuliaan di dunia dan akhirat, tidak ada jalan kecuali beriman kepada Allah Subhanahu wata’ala dan beribadah kepada-Nya. Kemuliaan itu tidak bisa dicapai dengan menyembah selain Allah Ta’ala. Kemuliaan hanya milik Allah semata. “Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras, dan rencana jahat mereka akan hancur.” (Fatir; 10).
Seputar Natalan dan Doa Lintas Agama
Kekuatan musuh-musuh Islam terus bergerak aktif untuk melemahkan aqidah dan keyakinan generasi muda Islam. Melalui propagandanya yang dikemas dengan sangat rapi, mereka berusaha menciptakan keraguan dalam keyakinan ummat Islam. Batasan-batasan aqidah Islamiyah yang sedari awal telah begitu jelas dan nyata, antara yang hitam dan putih, antara yang haq dan batil, antara keimanan dan kekufuran, direduksi oleh mereka menjadi abu-abu dan remeng-remeng (tidak jelas).
Salah satu hal yang status hukumnya dibuat mereka menjadi kabur dan remeng-remeng bahkan dirubah total adalah masalah seputar natalan dan mengucapkan selamat natal kepada orang-orang Kristen.
Mengucapkan selamat natal itu sebenarnya punya makna yang mendalam dari sekadar basa-basi antar agama. Karena setiap upacara dan perayaan tiap agama memiliki nilai sakral dan berkaitan dengan kepercayaan dan akidah masing-masing. Oleh sebab itu masalah mengucapkan selamat kepada penganut agama lain tidak sesedarhana yang dibayangkan. Sama tidak sederhananya bila seorang mengucapkan dua kalimat syahadat. Betapa dua kalimat Syahadat itu memiliki makna yang sangat mendalam dan konsekuensi hukum yang tidak sederhana. Termasuk hingga masalah warisan, hubungan suami istri, status anak dan seterusnya. Padahal hanya dua penggal kalimat yang siapa pun mudah mengucapkannya.
Demikian pula pengucapan tahni`ah (ucapan selamat) natal kepada Nashrani juga memiliki implikasi hukum yang tidak sederhana. Memang benar bahwa kaum muslimin menghormati dan menghargai kepercayaan agama lain bahkan melindungi mereka yang zimmi. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah manakah batasan hormat dan ridha dalam masalah ini. Antara hormat dan ridha jelas tidak sama. Ridha adalah suatu hal dan ridha adalah yang lain.
Kita memang harus menghormati Nasrani karena memang hal itu merupakan kewajiban. Hak-hak mereka kita penuhi karena
itu kewajiban. Tapi memberi ucapan selamat, ini mempunyai makna ridha, artinya kita rela dan mengakui apa yang mereka yakini. Ini sudah jelas masuk masalah akidah. Dan inilah yang namanya batasan yang jelas yang tidak boleh sekali-kali dikaburkan.
Bila kita tidak mengucapkan selamat natal bukan berarti kita tidak ingin adanya persaudaraan dan perdamaian antar penganut agama. Bahkan sebenarnya tidak perlu lagi umat Islam ini diajari tentang toleransi dan kerukunan. Adanya orang Nasrani di Republik ini dan bisa beribadah dengan tenang selama ratusan tahun adalah bukti kongkrit bahwa umat Islam menghormati mereka. Toh mereka bisa hidup tenang tanpa kesulitan. Bandingkan dengan negeri di mana umat Islam menjadi kelompok minoritas. Bagaimana ummat Islam diteror, dipaksa, dipersulit, diganggu dan dianiaya. Dan fakta-fakta itu bukan isapan jempol. Hal itu terjadi dimana pun umat Islam yang minoritas, baik Eropa, Amerika, Australia dan sebagainya.
Walhasil, tidak mengucapkan selamat natal itu justru toleransi dan saling menghormati akidah masing-masing. Dan sebaliknya, saling memberi ucapan selamat justru menginjak-injak akidah masing-masing karena secara sadar kita melecehkan akidah yang kita anut.
Demikian pula halnya dengan doa bersama lintas agama yang akhir-akhir ini juga makin marak. Bahwa toleransi yang ditolelir adalah bentuk toleransi dalam wilayah sosial kemasyarakatan. Berdoa sejatinya bukan masalah sosial, melainkan justru merupakan intisari sebuah ibadah kepada Allah Subhanahu wata’ala, sebagaimana sabda Nabi: Rasulullah bersabda, “Doa adalah intisari ibadah.” (HR. Imam Tirmidzi).
Orang yang berdoa kepada Tuhannya, pasti dia meyakini bahwa Tuhannya adalah yang haq dan yang bisa mengabulkan permintaannya. Jadi, jika dalam forum doa bersama itu seorang Nasrani berdoa menurut keyakinannya dan orang Islam meng-amininya itu sama halnya orang Islam tersebut telah meyakini kepercayaan orang Nasrani, begitu juga sebaliknya. Wallahu a’lam bish showab.
 ++++++++++++++++++++++++

Rabu, 09 November 2011

5 Alasan Kenapa Orang Membaca Blog!


5 Alasan Kenapa Orang Membaca Blog!
1. Orang suka membaca blog
Ini adalah alasan yang sederhana. Hanya karena orang suka membaca blog saja kita sudah perlu memulai ngeblog. Keberadaan blog sendiri mampu menggeser kedudukan media massa. Setiap kali kita menjelajahi internet, kebanyakan kita akan mendapatkan informasi detil di blog tertentu.
2. Blog Bisa Menularkan informasi secara luas.
Bila sebuah informasi tertentu menarik untuk diceritakan, maka blog bisa menjadi sarana untuk menyebarkan informasi tersebut dengan mudah. Dengan cepat seluruh Internet bisa mengetahui keberadaan informasi tertentu. Blogger biasanya mengenal banyak blogger yang lain. Sifat getok tular akan mempercepat informasi tertentu menular di kalangan blogger.
3. Blog Media Yang Lebih Manusiawi.
Sebuah blog adalah sebuah kepribadian. Karakter/sikap pemilik blog akan sangat mudah diketahui. Jika orangnya menyenangkan, maka akan tampak dari tulisan-tulisannya. Cara pandang dan sikapnya terhadap sesuatu dapat dengan mudah diamati dalam sebuah blog. Kesukaan dan hobi juga biasanya dibuka secara blak-blakan di sebuah blog. Itu karena orang suka membagikan berbagai hal di blog mereka. Blog benar-benar menjadi sebuah jurnal online tempat orang saling membagikan cerita dan pengalamannya.
4. Blog Lebih Interaktif
Dalam sebuah blog, pengunjung bisa langsung memberikan tanggapan tertentu hal ini dikenal dengan 'meninggalkan komentar'. Mereka bisa bertanya, memberikan masukan, atau menjawab komentar orang yang lain. Jika sebelumnya website-website yang anda di internet bersifat dingin dan tidak interaktif. Maka blog menghilangkan dan menjawab masalah itu.
5. Blog Lebih Cepat Menyajikan Informasi.
Karena kapan saja seseorang mendengar informasi tertentu, dia bisa segera masuk ke blognya dan membuat postingan mengenai berita tersebut. Blog benar-benar berisi informasi yang segar dan dari sudut pandang penulisnya.
 ===============================

Senin, 07 November 2011

JUMLAH AYAT DI DALAM AL QUR'AN


Ini Jumlah Ayat Al-Qur’an yang Dihitung dengan EXCEL
NO
Ayat
NO
Ayat
NO
Ayat
NO
Ayat
NO
Ayat
NO
Ayat

1
  7
 20
135
39
  75
58
  22
 77
  50
  96
  19

2
286
 21
112
40
  85
59
  24
 78
  40
  97
    5

3
200
 22
  78
41
  54
60
  13
 79
  46
  98
    8

4
176
 23
118
42
  53
61
  14
 80
  42
  99
    8

5
120
 24
  64
43
  89
62
  11
 81
  29
100
  11

6
165
 25
  77
44
  59
63
  11
 82
  19
101
  11

7
206
 26
227
45
  37
64
  18
 83
  36
102
    8

8
  75
 27
  93
46
  35
65
  12
 84
  25
103
    3

9
129
 28
  88
47
  38
66
  12
 85
  22
104
    9

10
109
 29
  69
48
  29
67
  30
 86
  17
105
    5

11
123
 30
  60
49
  18
68
  52
 87
  19
106
    4

12
111
 31
  34
50
  45
69
  52
 88
  26
107
    7

13
  43
 32
  30
51
  60
70
  44
 89
  30
108
    3

14
  52
 33
  73
52
  49
71
  28
 90
  20
109
    6

15
  99
 34
  54
53
  62
72
  28
 91
  15
110
    3

16
128
 35
  45
54
  55
73
  20
 92
  21
111
    5

17
111
 36
  83
55
  78
74
  56
 93
  11
112
    4

18
110
 37
182
56
  96
75
  40
 94
    8
113
    5

19
  98
 38
  88
57
  29
76
  31
 95
    8
114
    6

JML
2348

1710

1046

518

484

130
6236







Bis-
mi-
lah
Pbk
Srt
  112







JML




6348









ANGKA  19
Bilangan Sembilan Belas  terdiri dari  angka  1  dan  9.
 1 (satu) = Esa   dan   9 (sembilan) = angka tertinggi
  A L L A H  itu  ESA  dan  MAHA TINGGI

Marilah kita pelajari bilangan 19 di dalam ayat-ayat Al-Qur’an berikut.






1.       Jumlah huruf arab pada lafal “Bismilahirahmanirahim” tersebut ada  19
2.      Al-Qur’an ada  114 surat.  114 = 6 X 19
3.      Surat Al-‘Alaq adalah surat nomor 96.  Nomor  96, 97, 98,..... 114 ada  19
4.      Shalat 5 waktu jumlah rakaatnya : 
Subuh   Dhuhur   Asar   Maghrib   Isyak
    2              4             4            3             4       = 24.434 =  1286 X 19
5.      Surat Yaasiin (36) huruf  Ya   = 237
                                  Huruf  Sin =   48
                                                      = 285 = 15 X 19
6.      Manusia  = ruas  telapak tangan (kn + kr) = 2 X 19 = 38
                     Ruas telapah kaki (kn + kr)       = 2 X 19 = 38
                                                                                            = 76. Surat no.76 adalah “Al-Insaan”
Manusia = Al-Insaan
7.      Surat Ar-Ra’du (13)  huruf  Alif = 605
                                                  Lam= 480
                                                  Mim= 260
                                                  Ra    = 137
                                                           = 1.482 = 78 X 19
8.      Semua surat yang dibuka dengan Alif  Lam  Mim
Surat ke-              alif       lam      mim     total                kelipatan  19
2                           4502    3202    2195    9899    =          521 X 19
3                           2521    1892    1249    5662    =          298 X 19
29                            774      554      344   1672    =             88 X 19
30                            544      393      317   1254    =             66 X 19
31                            347      297      173      817   =             43 X 19

                             alif       lam      ro        total               
10                         1319    913      257      2489    =          131 X 19
11                         1370    794      325      2489    =          131 X 19
12                         1306    812      257      2375    =          125 X 19
14                           585    452      160      1197    =             63 X 19
15                                  493    323         96        912   =             48 X 19 


======================